7 Gunung Terdahsyat di Indonesia Yang Mempengaruhi Iklim Dunia

7 Gunung Terdahsyat di Indonesia Yang Mempengaruhi Iklim Dunia

 Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak gunung api yang masih aktif. Letusan gunung berapi sering terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Beberapa di antaranya sangatlah berbahaya.
Belakangan ini, Gunung Agung di Bali terjadi peningkatkan aktivitas vulkanik. Status nya ditingkatkan menjadi Awas pada Jumat (22/9/2107) pukul 20.30 WITA. Para warga pun telah mengungsi untuk mengantisipasi terjadi letusan Gunung Agung ini.
 Tercatat dalam sejarah, beberapa gunung berapi yang meletus telah menimbulkan banyak korban jiwa dan kerusakan. Berikut ke 7 Gunung berbahaya yang ada di Indonesia.

1. GUNUNG TAMBORA.

 Gunung Tambora terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Gunung ini meletus pada 10 April 1815. Ledakan gunung ini paling dahsyat di Indonesia. Bahkan, gunung Tambora juga masuk ke dalam catatan sejarah ledakan terdahsyat di dunia. Sekitar 71.000 orang di sekitar Sumbawa meninggal karena lava, dan penyakit akibat debu. Dampak letusan gunung Tambora juga terasa hingga di dunia. Dan terjadi perubahan iklim yang cukup signifikan.

2. GUNUNG KRAKATAU.
 Gunung yang terletak di Selat Sunda ini meletus pada 26-27 Agustus 1883. Letusan gunung ini juga terbilang sangat dahsyat. Aktivitas vulkanik dari gunung sudah terjadi sejak bulan Mei 1883. Ledakan dari gunung ini menyebabkan bencana besar dan tak sedikit warga yang meninggal karena terkena muntahan material batuan panas.

3. GUNUNG SAMALAS.

 Gunung Samalas merupakan gunung yang telah digantikan oleh gunung Rinjani di Lombok. Gunung ini telah hancur akibat erupsinya sendri. Erupsi gunung Samalasa terjadi pada tahun 1257. Letusan gunung ini mengeluarkan batu ke atmosfer bumi sekitar 10 mil kubik.

4. GUNUNG MERAPI.


 Sosok mbah Maridjan dikenal dan dikenang yang meninggal saat letusan gunung pada tahun 2010. Fenomena yang mengerikan saat terjadinya letusan Gunung Merapi adalah wedhus gembel. Tak sedikit korban jiwa berjatuhan akibat letusan ini. Sekitar 153 orang dan 320.000 warga lainnya harus rela kehilangan tempat tinggal.

 5. GUNUNG KELUD.
 Gunung Kelud terletak di Kediri, Jawa Timur. Tahun 2014, Gunung Kelud meletus dengan letusan yang sangat besar. Material yang dikeluarkan mengakibatkan beberapa bencana di beberapa kota di Pulau Jawa. Hujan pasir juga melanda beebrapa kota seperti Kediri, Yogyakarta, Surabaya, dan kota lainnya.

6. GUNUNG AGUNG.
 Gunung Agung diBali saat ini sedang menunjukkan gejala Vulkaniknya, dan statusnya Awas atau Siaga 4.
 Gunung Agung sempat beberapa kali mengalami erupsi. Letusan terdahsyatnya terjadi pada tahun 1963-1964. Akibat dari letusan gunung ini, 1.549 orang meninggal, Sekitar 1.700 rumah hancur, sekitar 225.000 jiwa kehilangan mata pencaharian, dan sekitar 100.000 jiwa harus dievakuasi dari zona bahaya. Sebanyak 200 orang tewas akibat dampak susulan berupa banjir lahar yang menghancurkan perkampungan di lereng selatan Gunung Agung.

7. GUNUNG GALUNGGUNG.
 Letusan Gunung Galunggung terjadi pada 8-12 Oktober 1982. Letusan terdahsyatnya terjadi pada Juli tahun 1882. Gunung ini terletak di Tasikmalaya Jawa Barat. Letusan gunung ini disertai petir dan menghasilkan hujan pasir kemerahan yang sangat panas. Selain itu juga menghasilkan abu halus, awan panas seta lahar. Letusan ini telah menewaskan sekitar 4.011 jiwa dan menghancurkan 144 desa.

BERIKUT VIDEONYA
"7  GUNUNG TERDAHSYAT DI INDONESIA YANG MEMPENGARUHI IKLIM DUNIA"

Sahabat TiD menyukai Artikel ini? Silahkan Follow / Subscribe kami di :
https://www.youtube.com/c/TheIndonesianDiary https://www.facebook.com/OfficialTiD/ https://twitter.com/diaryindonesian https://www.instagram.com/theindonesiandiary/



Comments